Minggu, 28 Juni 2015

Workshop Easy Android To SMK Rafllesia

Workshop Easy Android To SMK Rafllesia
Add caption
Pada tanggal 9 Juni 2015, tim instruktur LP3 STT Terpadu Nurul Fikri (selanjutnya: STT NF) berkunjung ke SMK Informatika Raflesia Depok, untuk menyelenggarakan workshop sehari dengan tema Android Easy. Workshop yang terselenggara atas kerjasama LP3 STT NF dengan SMK IT Raflesia ini diikuti oleh sekitar 20 orang siswa, dan staf pengajar SMK Raflesia. Tim instruktur terdiri dari Danil Syahrizal, Yuliadi, dan Muslimin mengajarkan kepada para peserta workshop cara-cara mudah pembuatan aplikasi Android menggunakan App Inventor 2 (selanjutnya: AI2).

AI2 adalah suatu sistem pengembangan aplikasi yang mempermudah proses pembuatan program Android. AI2 merupakan aplikasi FOSS (Free Open Source Software) yang kini diorganisasikan oleh Massachusets Intitute of Technology (MIT). Pengguna dapat membuat aplikasi Android menggunakan AI2 secara online dan offline. Dan dalam worskshop sehari proses pembelajaran ini lebih memfokuskan pada proses pengembangan secara offline.

Dalam workshop ini peserta mempelajari tentang cara instalasi AI2 kedalam komputer, menyiapkan lingkungan pengembangan, membuat tampilan dan program aplikasi Android, kemudian memasangnya kedalam perangkat ataupun ke emulator Android.

Pada tahapan instalasi aplikasi, peserta belajar tentang lokasi pengunduhan file AI2 yang diperlukan. Dilanjutkan dengan proses instalasi yang cukup mudah dilakukan.

Setelah tahapan instalasi selesai, peserta belajar tentang langkah-langkah mempersiapkan server AI2. Diawali dengan mengaktifkan server AI2, peserta kemudian dapat mengakses sistem pembuatan aplikasi Android dengan menggunakan web browser. Sistem AI2 dapat diakses pengguna dengan mengakses alamat localhost:8888 di web browser. Dari semua peserta yang ikut, semua terlihat antusias dan tidak ada yang merasa kesulitan sampai ke tahapan ini.

Berikutnya, peserta diajarkan cara membuat proyek aplikasi Android didalam server App Inventor 2 lokal. Untuk membuat aplikasi, AI2 menyediakan contoh program yang sudah selesai, yaitu aplikasi HelloPurr. Di aplikasi ini, peserta mulai mengetahui alur pembuatan aplikasi menggunakan AI2. Setelah melihat alurnya, peserta kemudian menjalankan aplikasi menggunakan Emulator Android. Aplikasi HelloPurr yang lucu membuat peserta workshop terlihat senang sekali.

Setelah mengetahui alur pembuatan aplikasi menggunakan AI2, tim instruktur kemudian membimbing peserta membuat aplikasi Android sendiri. Ada empat aplikasi yang dibuat selama kegiatan workshop satu hari tersebut, diantaranya FormInput (aplikasi membaca masukan menggunakan form dalam Android), dan InternetBrowser (aplikasi mengakses halaman website di internet melalui form masukan).

Diakhir workshop, instruktur memberikan motivasi kepada peserta workshop tentang prospek dan tantangan dunia IT, terutama berkaitan dengan pemrograman mobile (Android). Workshop Android Easy ini berakhir sekitar pukul 16.00, dan ditutup dengan foto bersama peserta workshop dengan tim instruktur.

0 komentar:

Posting Komentar