Minggu, 30 Agustus 2015

Artikel Instagram dan Twitter

Media Sosial adalah sarana berinteraksi secara intens di dalam dunia maya. Beberapa media sosial yang sangat populer digunakan diantaranya, Facebook, Twitter, dan Instagram. Setiap media sosial memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya, yang saling melengkapi. Sebagai contoh Instagram yang populer untuk memublikasikan gambar/ foto ataupun video, sedang karakter Twitter yaitu pembaruan / update informaasinya yang sangat cepat.

Pihak Dinas Kesehatan Kota Depok bekerjasama dengan LP3 Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STT NF) menyelenggarakan pelatihan teknologi Media Sosial bagi unit kerja dan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) yang ada di dibawah koordinasi Dinkes Depok. Materi yang dipelajari peserta di empat hari pelatihan (25 – 28 Agustus 2015) adalah mengenai media sosial Instagram, Twitter, Facebook dan layanan video Youtube. Pelatihan diselenggarakan di Wisma Hijau, Cimanggis Depok dengan jumlah peserta sekitar 75 orang.

STT NF mengirimkan tim yang terdiri dari empat instruktur yang berkompeten dalam bidang media sosial, yaitu Danil Syahrizal, Muslimin, Nanang Kuswana, dan Anjas Hendra. Pelatihan dibagi menjadi dua kelas yang terpisah, dengan instruktur kelas pertama yaitu Muslimin dan Anjas Hendra. Sedang intruktur kelas kedua adalah Danil Syahrizal dan Nanang Kuswana.

Panitia penyelenggara menargetkan setiap unit kerja dan PKM dapat memanfaatkan media sosial sebagai media publikasi program dan prestasi masing-masing. Sehingga nantinya pelayanan publik dapat semakin baik lagi, karena adanya dukungan dari layanan-layanan media sosial tersebut.

Peserta memelajari layanan Instagram, termasuk berbagai teknik dalam mengelola akun Instagram. Mulai dari registrasi, menyiapkan media foto/gambar atau video, proses penyuntingan media, hingga menambahkan informasi seperti Tagging, Hashtag, dan Mention pengguna lainnya. Selain itu, peserta memelajari cara menautkan akun Instagram dengan layanan media sosial lainnya.

Berikutnya peserta memelajari layanan media sosial Twitter. Pada sesi ini, para peserta belajar mulai dari tahapan registrasi -yang dilakukan melalui website dan aplikasi mobile-, membuat Tweet, menambahkan informasi, pengaturan-pengaturan akun dan teknik mengamankan akun Twitter.

Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, karena topik media sosial adalah topik yang menyenangkan untuk dipelajari. Terbukti setalah mengikuti pelatihan beberapa topik mengenai dinas kesehatan Depok meningkat dalam jumlah yang cukup signifikan.


danil s, 31 Agustus 2015

0 komentar:

Posting Komentar