Rabu, 16 Desember 2015

InHouse Training PT Bukit Asam Yii Framework


InHouse Training PT Bukit Asam Yii Framework
PT. Bukit Asam (selanjutnya PTBA) adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, dengan area kerja di daerah Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Dengan kebutuhan perusahaan yang semakin meningkat di bidang pengelolaan informasi digital, PTBA menjalin kerjasama dengan LP3 STT Terpadu Nurul Fikri dalam penyelenggaraan pelatihan untuk karyawan PTBA.

Adapun peserta pelatihan, yaitu karyawan PTBA yang terdiri dari tiga orang staf bidang IT. Mereka adalah Ihwani Maris, Shinta Angreini, dan Lianita Fuji Kharisma. Pelatihan diselenggarakan dalam waktu enam hari, dari tanggal 30 November 2015 hingga 5 Desember 2015.

Di hari pertama, para peserta belajar mengenai framework front-end Bootstrap. Di sesi ini, para peserta belajar pengaturan Bootstrap, memodifikasi CSS, serta membuat navigasi dan efek tampilan yang atraktif.
Hari berikutnya, peserta belajar mengenai instalasi Framework Yii dan Bootstrap. Untuk sesi ini, peserta belajar juga cara untuk mengintegrasikan Bootstrap dengan Yii.

Hari ketiga, peserta belajar membuat aplikasi CRUD (Create Read Update Delete) menggunakan framework Yii. Sesi ini ditutup dengan materi upload dokumen yang masih menggunakan Yii sebagai framework aplikasi.
Hari keempat, peserta belajar mengenai logika relasi antar database, pengaplikasian filter didalam Yii. Di sesi ini, peserta pun belajar mengenai manajemen user, dan manajemen role di Yii yang sangat berguna untuk membuat aplikasi multi user untuk perusahaannya. Untuk mempercantik tampilan aplikasi, peserta kembali mengeksplorasi integrasi Bootstrap dengan Yii. Peserta terlihat sangat antusias ketika mengikuti sesi mempercantik tampilan aplikasi ini.

Hari kelima, peserta belajar mengenai instalasi Drupal dan framework Bootstrap untuk Drupal. Drupal adalah suatu aplikasi sistem manajemen konten Open Source, yang banyak digunakan untuk membuat website di internet.

Berikutnya hari keenam, yaitu hari terakhir pelatihan, para peserta belajar mengenai pembuatan workflow publikasi di Drupal. Dengan sifatnya yang modular, Drupal dapat ditambahkan fungsinya sesuai dengan module yang digunakan. Pada sesi ini, peserta belajar memanfaatkan module yang tersedia untuk membuat workflow publikasi menggunakan Drupal.

Diakhir pelatihan, peserta dan para pengajar berkesempatan untuk berfoto bersama. Masih terlihat antusiasme yang sama di wajah peserta seperti saat mengikuti pelatihan di hari-hari sebelumnya. Semoga ilmu yang dipelajari dapat diaplikasikan, dan memberi manfaat yang banyak untuk perusahaan. Sampai jumpa lagi di kerjasama pelatihan berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar